Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Sunday, November 17, 2013

Piagam Penghargaan untuk Para Penulis Kitaabah

Halo teman-teman, apa kabar?
Beberapa waktu lalu, saya mendapatkan pesan e-mail dari Mbak Audisma Khalidia M. tentang usulan adanya “Piagam penghargaan atau sertifikat untuk para penulis Kitaabah.”


Beliau berpendapat piagam tersebut akan menambah motivasi para penulis agar lebih semangat lagi menulis. Awalnya, saya katakan bahwa saat ini Kitaabah belum percaya diri mengeluarkan piagam karena belum mampu membayar banyak penulisnya.

Bahkan saya sempat membandingkan, beberapa waktu lalu saya mendapatkan piagam penghargaan ngeblog dari Blogdetik. Tapi saya lihat Blogdetik menggandeng tanda tangan pemimpin redaksi Detikcom. Lha, Kitaabah punya apa, usianya juga baru seumur jagung?!?

Tapi setelah dipikir-pikir, enggak ada salahnya mengeluarkan piagam kalau memang bisa jadi motivasi. Tapi karena Kitaabah budget-nya masih terbatas, baru bisa e-piagam (piagam penghargaan elektronik) saja tuh.

Ya kalau Kitaabah sudah berhasil, piagam penghargaan konvensional (langsung dicetak oleh Kitaabah dan dikirim via pos J ) mungkin akan lebih keren.

Karena masih berbentuk piagam elektronik, jadi desainnya sangat standar agar dapat dicetak dalam kertas apapun oleh pemiliknya. Namun kalau piagam konvensional nanti insyaAllah akan keren karena mungkin saja minta bantuan desainnya kepada para penulis Kitaabah juga.

Jadi, sederhananya piagam elektronik ini memiliki ketentuan sebagai berikut:
1.      dapat diprint/dicetak pada kertas apa saja.
2.      dilarang mengubah apapun, antara lain kata-kata dan desain piagam.

Catatan:
* Apabila mau usul revisi atau punya pendapat lain, termasuk perlu atau tidak piagam di atas, silahkan berkomentar.
* Apabila ingin melihat draft piagamnya dalam bentuk pdf, silahkan klik ketiga link di bawah ini:



Piagam Top Level akan diberikan kepada penulis setiap tahun sekali selama penulisnya memenuhi syarat.

* Kepada Mbak Audisma, saya mengucapkan terimakasih. Namun mohon maaf kalau kriteria yang diusulkan belum dapat diwujudkan.

Ditunggu pendapat teman-teman buat kemajuan Kitaabah ya…!

Sejujurnya, saya sendiri masih belum benar-benar percaya diri mengeluarkannya nih, apalagi dalam bentuk e-piagam. J
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

13 comments:

  1. trimakasih atas realisasinya :)
    ngomong-ngomong itu desainnya kenapa dibuat yang sangat sederhana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak.

      Desain tersebut sangat sederhana karena masih berbentuk piagam elektronik yang dikirim dalam bentuk pdf via e-mail. Pertimbangannya:
      1. Agar dapat dicetak menggunakan printer apapun karena kemungkinan beberapa penulis Kitaabah ada yang tinggal di pedesaan yang masih sulit menemukan printer bagus.

      2. Agar mudah difoto copy. Barangkali saja ada penulis yang menggunakannya untuk keperluan formal, seperti mencari kerja di bidang jurnalisme. Kalau desainnya terlalu keren seperti ada gambar, biasanya agak kesulitan ketika difoto copy (jadi hitam-hitam).

      Inginnya sih, desainnya bagus tapi memenuhi 2 syarat di atas. Kalau ada teman-teman Kitaabah yang mau menyumbangkan desain seperti itu, tampaknya saya akan sangat senang menerimanya.

      Kalau desain yang diusulkan para penulis Kitaabah banyak, maka bisa saja dilakukan polling. :)

      Namun yang terpenting saat ini, saya menunggu respon penulis lain: Apakah rencana piagam elektronik ini akan berlanjut atau dibatalkan?

      Delete
  2. Bagus nih idenya. Saya dukung, meski berawal dari piagam Elektronk. dengan sentuhan desain yang baik akan tampak lebih oke.

    ReplyDelete
  3. sangat setuju Kang Komar. dari kacamata psikologi ini dapat meningkatkan kepercayaan diri. mungkin masih ingat postingan saya di kitaabah tentang membangun pengalaman positif/sukses? Piagam ini saya pikir adalah realisasi konsep tersebut. Ini prinsipnya,"hargailah keberhasilan anda, betapapun kecil tampaknya keberhasilan tersebut." Lanjutkan :D

    ReplyDelete
  4. @Prasetyo: Mantap dukungannya, Mas. Tapi itu ada kritik yang membangun "sentuhan desain yang baik". he...he... Iya nanti kalau dukungan pada e-piagam ini banyak, insyaAllah saya minta ke para penulis yang suka desain-desainan untuk berdonasi desainnya. :) (Saya sendiri enggak bisa desain-desainan. hmmmm)

    @Dens: Wah psikolog ada di sini juga nih. he..he.. Dukungannya membuat saya nambah PD. Namun ketika dikatakan e-piagam ini sebagai realisasi artikel Mas Dens, waduuuh saya harus kembali mengingat dengan metode membaca ala Kang Dens dan membacanya lagi. Gini nih kalau gaul sama para penulis, saya disuruh baca melulu. ha..ha.. Thank you, Kang.

    Sebagai tambahan:
    Mungkin, ini mungkin ada yang bertanya: kok itu jumlah artikelnya harus banyak dulu. Kenapa sih enggak sedikit aja, biar cepat dapet piagamnya? Ini kalau ada yang nanya.

    Pertimbangan saya adalah sebuah piagam/sertifikat itu harus ada nilai jualnya (kompetitif). Kalau artikel sedikit sudah dikasih piagam, ditambah kualitas artikel yang masuk ke Kitaabah tidak diberikan standar tinggi, selain bisa dibaca, beretika dan tidak melanggar hak cipta, saya khawatir piagam itu hanya bisa dilihat sendirian karena enggak ada hebatnya.

    Dilihatin sama teman, enggak ada yang bicara "harus bilang wow gitu", dipakai melamar kerja "malah dapet tawa sinis", lalu piagam itu hanya disimpan di rak buku sendiri.

    Dengan standar yang ada pada contoh e-piagam di atas, dugaan saya sedikitnya tidak terlalu malu dilihat teman karena jarang orang yang konsisten menulis sampai jumlah itu. Namun kalau ada yang usul revisi kriteria tersebut, Kitaabah masih terbuka kok mempertimbangkannya. :)

    Maaf, wajah saya enggak muncul, enggak login dulu. he..he...

    ReplyDelete
  5. Hehe, saya masih belajar psikologi karena senang dengn bidang itu. setuju kang, kompetisi itu harus ada biar kualitas penulis meningkat juga. tanpa kompetisi, peningkatan itu susah terjadi. maju terus kitaabah. jgn lupa visualisasikan kitaabahnya. mungkin saja kan ke depannya punya tempat kursus. saya Insya allah jadi pengajar jurusan membaca efektif , ini baru ide saja kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga apabila Kitaabah.com sudah berhasil, Mas. :)

      Delete
  6. Usulan Desain untuk Piagam Penghargaan.

    Copy paste link di browser untuk mengunduh

    Kritik dan Saran siap diterima. Saya buat yang versi level i dulu.
    dalam bentuk pdf, kalau setuju nanti saya kasih yang versi word.

    http://dc605.4shared.com/download/LdfOlkDL/Piagam.pdf?tsid=20131121-204422-5e377528

    ReplyDelete
    Replies
    1. Desainnya keren sekali. Apalagi ada corak batiknya, Indonesia bangeeet. Sudah saya download, nanti mau diprint dan difoto copy untuk memastikan bebas hambatan :)

      Kalau teman-teman yang lain sudah setuju (saya akan tunggu responnya sampai 31 Desember 2013, kalau tidak ada usulan/masukan lain, maka desain ini yang akan digunakan), saya mau file desainnya biar bisa nyisipin tanda tangan. Jadi, jangan sampai hilang ya, Mas. he...he..

      Oh iya, ada sedikit tambahan: Saya mau ditambahin No registrasi agar memudahkan pengarsipan, misalnya, No.: 13010001

      13: tahun 2013
      01: level 1
      0001: Urutan penerima penghargaan

      Pertanyaan:
      Saya sedang memikirkan alamat kitaabah.com/ina/keitisan. Apakah ini cocok disebut blog atau URL saja atau ada istilah lain yang lebih tepat? Kan kalau blog umumnya: keitisan.kitaabah.com

      Saya sangat senang dan berterima kasih banyak, Mas.

      Delete
  7. Desain piagam karya mas patrick oke banget...
    sangat indah dipandang mata
    hehe....

    ReplyDelete
  8. setuju nih ada piagam nya skalian dong ama uang pembinaan buat server internet...hehehe juskid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makanya, Mas Boy kirim artikel terbaik yang dapat mendatangkan pengunjung banyak biar Kitaabah lebih cepat ngasih uang pembinaan :)

      Delete