Ekspresi | Belajar HTML dan PHP | Sunda | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Kemahasiswaan Kilas Santai
PMB Online STMIK Jabar 2021
STMIK JABAR
LP3I Tasikmalaya
STAI Al-Falah
Pengobatan Ruqyah
Belajar Pemrograman PHP, MySQL, Framework CI, Domain, Hosting, CMS Wordpress, Framework Laravel. Yang Penting ada menu DAFTAR ISI
Inkubator | Daftar Isi | Bisnis Bitcoin | Tools Penting | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Wednesday, January 8, 2014

Kalau Mendapatkan Ribuan Pengunjung Dengan Blogwalking Saja

Sementara ini tips yang relatif sering dianjurkan ke saya adalah menulis artikel yang berkualitas dan melakukan blogwalking (berkunjung ke blog orang lain). Ternyata keduanya belum terpenuhi.


Membuat artikel berkualitas?
Saya semakin sadar setelah memindahkan banyak artikel dari blog yang saya hapus. Ternyata di awal ngeblog tulisan saya cukup serius, bahkan relatif lebih banyak manfaatnya dibandingkan saat ini.

Blog terdahulu memuat artikel tentang referensi kuliah, paling tidak tentang belajar percakapan dalam bahasa asing. Namun saat ini, blog sering berisi artikel – lebih tepatnya – postingan yang mengarah ke curhat, meskipun dibalut cerita dan rangkaian kata tertentu.

Walaupun artikel blog terdahulu juga belum memperhatikan kaidah penulisan artikel yang baik dan benar, namun saya cenderung berbagi artikel ilmiah yang dapat dinikmati oleh para mahasiswa jurusan komputer.

Blogwalking?
Saya belum begitu rajin melakukan blogwalking. Walaupun beberapa blogger mengaku sukses mendatangkan pengunjung blog dengan blogwalking, tapi langkah ini bukanlah hal yang mudah kalau dilakukan dengan tanggung jawab.

Blogwalking itu identik dengan memberikan komentar di artikel orang lain. Jadi, sebelum berkomentar kita harus membaca dulu artikelnya. Apabila artikel tersebut sudah memiliki banyak sekali komentar, maka sebaiknya kita juga membaca komentar-komentar tersebut. Tidak cukup waktu sebentar, bukan?

Karena alasan di atas blogwalking itu bukan hal yang mudah, kecuali hanya memberikan komentar asal-asalan, bahkan cenderung nyepam. Tapi itu tidak bertanggung jawab, iya kan?

Jadi, kalau mendatangkan pengunjung blog hanya mengandalkan blogwalking itu tidak efisien. Boleh jadi, waktu dan tenaga kita habis hanya untuk blogwalking, sementara blog kita tidak terurus.

Saat ini saya berpendapat bahwa perpaduan blogwalking dan penyajian artikel berkualitas itu bagus. Kalau tidak bisa melakukannya, untuk saya sendiri lebih memilih membuat artikel walaupun belum termasuk artikel bagus. Analoginya, saya ingin menyiapkan dulu tempat duduk di rumah yang cukup walaupun tidak mewah, sebelum mengundang orang lain untuk berkunjung ke rumah saya. J


Bagaimana pendapat teman-teman?

"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Belajar Bahasa Inggris dan Arab di Telegram dan FB Gratis!
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

6 comments:

  1. saya malah ngga jarang blogwalking lho mas, paling cuma nge bookmark blog orang orang lain aja yg sekiranya bagus. ntar kalau mereka ada artikel baru saya baca deh.., sekaligus komentar siapa tahu pemiliknya blognya datang juga. he he... "-"

    ReplyDelete
  2. siip gan.. mantep juga artikelnya.. :-)

    ReplyDelete
  3. ane udah buat artikel berkualitas, kok masih sepi pengunjung ya gan?
    http://dunia-artikelku.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus update aja Mas, dan saya langsung berkunjung sekarang :)

      Delete