Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Sunday, March 23, 2014

Mari Gunakan Internet Untuk Manfaat

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari Internet, tapi banyak juga dampak negatif di dalamnya. Sebagian kalangan menggembor-gemborkan untuk menggunakan Internet semanfaat mungkin, seperti kampanye Internet sehat yang dipelopori pakar Internet Onno Purbo.

Ada banyak hal yang dapat dimanfaatkan dari Internet agar minimal tidak menyia-nyiakan waktu, bahkan menghambur-hamburkan uang koneksi Internet, antara lain:

1.      Blogging, yaitu mempublikasikan artikel konten bebas di blog atau website yang dibuat sendiri. Dengan kegiatan blogging pemiliknya (blogger) dapat memanage sendiri jadwal, jenis konten, tampilan dan yang lainnya. Bahkan sampai promosi blog sekalipun. Kegiatan ini akan dirasakan manfaatnya apabila diisi dengan artikel-artikel yang bermanfaat, seperti materi kuliah, materi agama, materi bisnis, pengalaman hidup, dan lain-lain. Semua artikel harus diusahakan diseleksi dan diformat agar layak dibaca orang banyak. Jangan sampai rahasia dipublikasikan begitu saja.

2.      Guest Writer, yaitu mempublikasikan artikel di website orang lain. Dalam kegiatan ini, kita hanya menulis artikel saja. Urusan desain diserahkan kepada orang lain (penyelenggara guest writer).

3.      Facebook, yaitu mempublikasikan pesan-pesan singkat. Sudah harus disadari bahwa setiap yang diposting di FB, walaupun pendek, sebisa mungkin mendatangkan manfaat. Pamer tulisan yang berisi keluh kesah saja, atau pamer foto yang kurang sopan, seharusnya sudah disadari dan dihindari dari sekarang. Seorang pakar IT mengatakan bahwa “Tuhan itu bisa mengampunimu, tapi Internet tidak”. Memang benar, sekali foto atau tulisan diunggah di Internet, maka susah sekali dihapus, meskipun kita sudah menghapusnya, tapi orang lain di dunia sudah mengarsipkannya.

Tiga dulu aja ya pembahasan tentang fasilitas yang dapat digunakan di Internet untuk menciptakan hal-hal positif. Jangan mencoba kita bermain-main dengan kenegatifan Internet, karena sekali berbuat negatif, maka tidak bisa dihapus lagi.

Mari kita sibukkan diri ini dengan membuat artikel atau pesan-pesan positif untuk berkontribusi di dunia maya, yang semakin hari semakin pesat perkembangannya.

“Gunakan Internet sepositif mungkin!”


Notes:

Walaupun tulisan ini dibuat pada tahun 2012, saya merasa ia cukup mengingatkan diri saya lagi untuk terus belajar menyajikan konten blog yang bermanfaat. J
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

3 comments:

  1. Iya, benar banget mas. Internet banyak manfaatnya.
    dgn internet saya justru bisa menjadi sehat karena banyak sekali informasi kesehatan yg bermanfaat bagi saya. selain itu internet juga bisa bikin kita pintar. karena banyak sekali ilmu pengetahuan terbaru yg kita dapat disini hanya dgn searching di google kita bisa makin pintar. kayaknya tergantung orangny aja ya mas memanfaat kan internet. kalau orangnya negatif paling digunakan untuk negatif dan untuk kesenangan dirinya sendiri. tapi kalau untuk orang positif justru untuk membuat dirinya lebih positif. internet emang seperti pedang bermata dua ya mas. bisa negatif bisa positif. tergantung siapa yg menggunakannya nya apa aklaknya baik apa ngga.

    ReplyDelete
  2. iya gan, terutama ajarkan pada anak-anak yang masih dibawah umur untuk menggunakan internet dengan baik dan benar. jangan sampai negatif pengunaannya, nanti bisa ketagihan dan rusak pola pikirnya :)

    ReplyDelete
  3. sudah menjadi keharusan kalau internet dimanfaatkan untuk tujuan positif ya mas, agar bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain :)

    ReplyDelete