Ekspresi | Belajar HTML dan PHP | Sunda | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Kemahasiswaan Kilas Santai
PMB Online STMIK Jabar 2021
STMIK JABAR
LP3I Tasikmalaya
STAI Al-Falah
Pengobatan Ruqyah
Belajar Pemrograman PHP, MySQL, Framework CI, Domain, Hosting, CMS Wordpress, Framework Laravel. Yang Penting ada menu DAFTAR ISI
Inkubator | Daftar Isi | Bisnis Bitcoin | Tools Penting | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Saturday, March 1, 2014

System Development Life Cycle (SDLC) dalam Kajian Sistem Informasi



Agar problem-solving berjalan dengan produktif, maka harus diorganisir dan berorientasi tujuan. Para analis mencapai hasil ini dengan mengorganisir pekerjaan ke dalam proyek-proyek.

Proyek adalah perencanaan yang memiliki permulaan dan akhir, serta menghasilkan hasil atau produk yang diinginkan.

SDLC merupakan salah satu kunci konsep dasar dalam pengembangan sistem informasi. SDLC adalah proses menyeluruh dari pembangunan, penyebaran, penggunaan, dan update sebuah sistem informasi.


SDLC dapat diklasifikasikan menjadi pendekatan prediktif dan adaptif. Pendekatan prediktif (predictive approach) adalah pendekatan SDLC yang mengasumsikan proyek pengembangan dapat direncanakan dan diorganisir dengan sempurna dari awal dan bahwa sistem informasi baru itu dapat dikembangkan menurut perencanaan.

Pendekatan adaptif (adaptive approach) adalah pendekatan SDLC yang lebih fleksibel, berasumsi bahwa proyek tidak dapat direncanakan secara langsung sempurna tapi harus dimodifikasi seiring dengan perkembangannya.

SDLC memiliki beberapa fase. Adapun fase pengembangan sistem informasi tersebut meliputi: Perencanaan, analisis, desain, implementasi, dan support. Fase support (pendukung) dapat berupa upgrade dan pemeliharaan.

Perencanaan: Mengidentifikasi skup sistem baru, memastikan bahwa proyek itu feasible, dan mengembangkan jadwal, perencanaan sumber daya, dan budget untuk proyek.

Analisis: Memahami dan mendokumentasikan secara detil kebutuhan bisnis dan syarat pemrosesan sistem baru.

Desain: Mendesain sistem solusi berdasarkan kebutuhan yang didefinisikan dan keputusan yang dibuat selama analisis.

Implementasi: Membangun, menguji, dan meng-install sistem informasi yang handal dengan para user yang terlatih dan siap menggunakan sistem.

Support: Memelihara sistem yang sedang berjalan secara produktif dari awal dan selama beberapa tahun sistem berjalan.



Sumber:
Satzinger JW, Jackson RB, Burd SD. 2007. System Analysis and Design in Changing a World, 4th. Canada: Thomson. Hlm. 36-38.


"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Belajar Bahasa Inggris dan Arab di Telegram dan FB Gratis!
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment