Ekspresi | Belajar HTML dan PHP | Sunda | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Kemahasiswaan Kilas Santai
PMB Online STMIK Jabar 2021
STMIK JABAR
LP3I Tasikmalaya
STAI Al-Falah
Pengobatan Ruqyah
Belajar Pemrograman PHP, MySQL, Framework CI, Domain, Hosting, CMS Wordpress, Framework Laravel. Yang Penting ada menu DAFTAR ISI
Inkubator | Daftar Isi | Bisnis Bitcoin | Tools Penting | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Tuesday, April 29, 2014

Manfaat Microsoft Excel Untuk Dunia Kerja


Saat ini, sering kali calon karyawan minimal mampu menjalankan tiga aplikasi komputer, yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Semua program ini merupakan produk dari perusahaan Microsoft yang terkumpul pada paket Microsoft Office.

Pada tulisan ini, saya tertarik untuk memperhatikan peran Microsoft Excel saja. Hampir semua orang mahasiswa yang bertemu saya, mengaku bahwa mereka belajar Microsoft Excel, terlepas dari istilah matakuliahnya, ada yang menyebut Office 2, Program Paket Niaga (PPN), Excel untuk Akuntansi, dan lain-lain.


Yang jelas, dengan melihat banyaknya perguruan tinggi yang menjadikan Microsoft Excel sebagai matakuliahnya, maka dapat dikatakan bahwa program aplikasi Excel ini menjadi sangat penting. Namun demikian, tetap saja mahasiswa S1 tingkat akhir juga ada yang masih awam mengoperasikannya, apalagi kalau sudah mengarah ke penggunaan fungsi IF dan VLookup.

Kenapa Microsoft Excel diberikan juga kepada mahasiswa sebagai pendukung matakuliah Accounting?
Bukankah masalah Accounting sudah ada program aplikasi yang siap pakai?
Kemampuan tempat kerja di lapangan berbeda-beda. Ada yang sudah jauh melibatkan teknologi informasi, ada juga yang masih sederhana. Maka Microsoft Excel bisa menjadi alternatif awal bagi sebuah lembaga/perusahaan yang ingin mulai melibatkan Teknologi Informasi dalam pekerjaannya.

Mudahnya data Microsoft Excel diekspor ke aplikasi lain, seperti Microsoft Word, Access, dll. menambah nilai plus bagi Excel untuk tetap dipelajari. Dengan demikian, Microsoft Excel sangat bermanfaat antara lain bagi:
1.      Mahasiswa jurusan komputer maupun umum
Untuk membuat tabel-tabel yang menunjang tugasnya

2.      Calon staf accounting
Untuk membuat laporan keuangan, neraca saldo, neraca lajur, buku besar, dll.

3.      Calon staf administrasi
Untuk membuat tabel kepegawaian, inventaris kantor, dll.

4.      Guru/dosen
Untuk diajarkan kepada siswa/mahasiswa dan untuk menunjang pekerjaannya yang membutuhkan format tabel.


Apakah hanya pekerjaan di atas yang memerlukan Microsoft Excel? Saya kira masih banyak pekerjaan lain yang membutuhkan keterampilan Microsoft Excel. Dengan kemudahan, program ini juga membantu para pelajar melatih jari dan logikanya (pembiasaan diri untuk menggunakan komputer). Bahkan ada juga format surat yang menggunakan Microsoft Excel agar terlihat rapi.

Mari belajar Microsoft Exel bersama-sama J

"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Belajar Bahasa Inggris dan Arab di Telegram dan FB Gratis!
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment