Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Thursday, June 16, 2016

Bunga Mawar 7 Hari Dari Masa Tanam



Hello Katabah!
Setelah gembira dengan tumbuhnya benih kangkung darat, sekarang Abah tambah bahagia karena bunga mawar (ros) mulai menunjukkan tanda-tanda tumbuh pula.


Saya menanam bunga mawar dalam pot yang terbuat dari botol bekas Larutan Cap Kaki Tiga. Agar akar tidak busuk, maka diberikan 4 bolong-bolong di sebelah bawahnya sehingga air bisa keluar. Air dari mana? Air hujan atau air siraman.

Cara menanam bunga mawar itu bagaimana?
Abah memotong langsung ranting bunga mawar, kemudian ditancapkan ke dalam tanah yang sudah tersimpan dalam pot. Tidak lupa, Abah menyiramnya tiap pagi dan sore.

Pada awalnya, Abah mau membuang semua daun-daunnya karena pernah dengar bahwa daun-daun di ranting stek itu sebaiknya dibuang saja, kecuali beberapa daun muda di sebelah pucuknya.

Tapi Abah biarkan saja semua daun bunga mawar itu. Hari pertama sampai 4an hari, daun-daun tampak layu di siang hari, kemudian segar lagi di pagi hari.

Setelah menginjak 5-7an hari (satu minggu), banyak daun yang tampak layu, kemudian mati. Tapi beberapa daun masih bertahan segar.

Abah sudah ingin mencabut salah satu tangkai bunga mawar karena ingin memastikan apakah sudah tumbuh akar atau belum. Tapi masih sayang takut mati…! Eh, tanpa sengaja ketika menyiram semua tanaman hias, salah satu bunga mawar tertarik dan copot dari tanah. Abah lihat, ternyata ada satu akar sudah tumbuh di bunga mawar tersebut. Panjang akarnya sekitar 2 cm.

Walaupun sudah dilihat beberapa kali (Sunda: dibulak-balik), Abah masih ragu dengan akar tersebut karena melihatnya dalam kegelapan dengan bantuan cahaya dari alat penerang (Sunda: senter, batre). Maklum kejadian copotnya sebelum sahur sekitar pukul 3.30 pagi.

Penyiraman dini hari tersebut bukan sengaja, tapi terpaksa karena Abah harus segera berangkat kerja setelah shalat Shubuh. Jadi, buat yang tidak mau bepergian, menyiramnya pagi-pagi saja sekitar pukul 6-8 pagi. OK!

Kesimpulan
1. Stek bunga mawar sudah mulai tumbuh berakar pada hari ke-7 dari masa tanam.
2. Pada hari ke-7, stek bunga mawar sudah mulai menggugurkan banyak daunnya, tapi beberapa daun masih tetap segar.

Jadi, jika melihat daun-daun stek bunga ros berguguran atau kering tidak perlu khawatir karena itu akan segera berganti dengan daun baru. Dengan demikian, tetap saja lakukan penyiraman.
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)