Ekspresi | Belajar HTML dan PHP | Sunda | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Kemahasiswaan Kilas Santai
PMB Online STMIK Jabar 2020
STMIK JABAR
LP3I Tasikmalaya
STAI Al-Falah
Belajar Pemrograman PHP, MySQL, Framework CI, Domain, Hosting dan CMS Wordpress
Inkubator | Daftar Isi | Bisnis Bitcoin | Tools Penting | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Wednesday, December 9, 2020

Pewaris Nabi: Semoga... :)

 

Istilah "pewaris nabi" muncul dari "Al-Ulama Warotsatul Anbiya". Harapan ini semoga membuat anak pertama ini menjadi hamba Allah yang shaleh, taat pada perintah Allah dan menjadikan Islam sebagai pedoman hidupnya.

Namanya: Rois Aljabar

Sebagian orang memegang faham "Apa arti sebuah nama?" Sebagian lagi berfaham bahwa "Nama adalah doa." Saya sendiri memilih nama itu harus ada nilai doa, historis, kekuatan dan futuristik. hehe

Rois artinya pemimpin/raja.
Nama ini berasal dari bahasa Arab yang transliterasi bakunya "Rais". Untuk memudahkan lidah orang Sunda, maka saya memilih penulisan "Rois."

Aljabar artinya Allah Yang Memiliki Mutlak Kegagahan.
Nama ini juga berasal dari bahasa Arab yang transliterasi bakunya "Al-jabbar". Untuk memudahkan lidah orang Sunda dan Indonesia, maka saya memilih penulisan "Aljabar." Bahkan Ua-nya memaknai "al-Jabbar" itu "Maha Memaksa". Masyaallah...mantap....!

Karena ada teman yang menyarankan tentang penghilangan alif lam dari kata "Aljabar", saya konsultasi kepada kakak yang lulusan S1 dan S2 bahasa Arab. Beliau guru dan penerjemah bahasa Arab yang sampai saat ini, (perasaan saya. heheh) belum ada teman saya yang menandingi keilmuannya, terutama bahasa Arab dan ketajaman analisis bahasanya. Eh ada satu orang yang agak mirip kakak. Beliau menjadi dedengkot ustadz bahasa Arab di Pesantren al-Quran, pesantren yang cukup besar di sekala nasional. Kakak menyetujui penamaan "Rois Aljabar" karena tidak melanggar aturan bahasa Arab dan kode etik keislaman. Alhamdulillah.... :)

رَئِيْس الْجَبَّار

Dibaca: Raisul Jabbari

Ini merupakan idhafat sehingga bisa bermakna 
Raisun min al-jabbari: pemimpin dari Yang Maha Jabbar
atau
Raisun li al-jabbari: pemimpin milik Yang Maha Jabbar

Dengan nama ini diharapkan pemuda ini menjadi pemimpin yang taat kepada Allah SWT. Tidak mudah menyerah dalam mewujudkan cita-citanya.

Aljabar juga muncul karena saat Rois dihamilkan, saya merasa Allah SWT banyak mengabulkan doa saya, padahal jauh bertahun-tahun sebelumnya, saya merasa sulit sekali doa dikabulkan. hehe Bahkan Saat Rais dalam kandungan ibunya, Allah SWT mengantarkan saya untuk terjun langsung ke dunia Ruqyah walau dengan keterbatasan ilmu karena belum pernah mendalami Ilmu Ruqyah. Memang sejak remaja, saa pernah mendengar tentang Ilmu Hikmah, tapi sebatas tahu saja. hehe Ternyata di usia ini, Allah hujamkan jalan hidup saya agar mengenal dunia Ruqyah mungkin agar saya tidak terlalu terlena dengan kajian-kajian saintis.hehe.. Wallahu a'lam.

Eh ada lagi yang bikin saya suka senyum-senyum sendiri. Mudah-mudahan jago matematikanya karena Aljabar juga merupakan cabang matematika dalam istilah bahasa Indonesia. hehehe Tapi makna ini hanya makna tersirat dalam sebuah nama. Kedekatannya kepada Allah jauh sangat berharga untuk kami sebagai orangtuanya.

Saat ini.....
Saya pernah menonton youtube Ustadz Adi Hidayat bahwa seorang anak bisa hafal Quran di usa 2,5-3 tahun. Karena itulah, saya mohon ibunya memperdengarkan murotal 1 juz diulang-ulang tiap hari selama satu bulan. Jadi, 30 bulan Rois akan merasakan pernah mendengar bacaan Quran sebanyak 30 juz. Aamiin yra...

Itulah curhat kebahagian saya kepada ibunya. Ditulis di sini, agar pesan ini tidak hilang sehingga suatu hari nanti dibaca oleh anakku tercinta, Rois Aljabar. Sebagai pengingatnya agar selalu dekat kepada Allah al-Jabbar, Allah ar-Rahman, Allah Ar-rahim. 

"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Belajar Bahasa Inggris dan Arab di WA dan FB Gratis!

No comments:

Post a Comment