Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Saturday, November 26, 2022

Society 5.0 Untuk Sistem Informasi Terkini

Apa Itu Society 5.0?

Masyarakat yang berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial dengan sistem yang sangat mengintegrasikan dunia maya dan ruang fisik.

 

Society 5.0 diusulkan dalam Rencana Dasar Sains dan Teknologi ke-5 sebagai masyarakat masa depan yang harus dicita-citakan Jepang. Ini mengikuti masyarakat berburu (Masyarakat 1.0), masyarakat pertanian (Masyarakat 2.0), masyarakat industri (Masyarakat 3.0), dan masyarakat informasi (Masyarakat 4.0).

 

Capaian Society 5.0

Dalam masyarakat informasi (Masyarakat 4.0), berbagi pengetahuan dan informasi lintas sektor tidak cukup, dan kerja sama menjadi sulit.

Karena ada batasan untuk apa yang dapat dilakukan orang, tugas untuk menemukan informasi yang diperlukan dari informasi yang meluap dan menganalisisnya merupakan beban, dan tenaga serta ruang lingkup tindakan dibatasi karena usia dan berbagai tingkat kemampuan. Juga, karena berbagai pembatasan pada isu-isu seperti penurunan angka kelahiran dan populasi yang menua dan depopulasi lokal, sulit untuk ditanggapi secara memadai.

Reformasi sosial (inovasi) dalam Society 5.0 akan mencapai masyarakat berwawasan ke depan yang mendobrak rasa stagnasi yang ada, masyarakat yang anggotanya saling menghormati satu sama lain, melampaui generasi, dan masyarakat di mana setiap orang dapat memimpin kehidupan yang aktif dan menyenangkan.

 

Society 5.0 Akan Mewujudkan Masyarakat yang Berpusat pada Manusia

Dalam masyarakat sampai saat ini, pada umumnya diprioritaskan pada sistem sosial, ekonomi, dan organisasi sehingga timbul kesenjangan pada produk dan jasa yang diterima individu berdasarkan kemampuan individu dan alasan lainnya. Sebaliknya, Society 5.0 mencapai konvergensi lanjutan antara dunia maya dan ruang fisik, memungkinkan AI berbasis big data dan robot untuk melakukan atau mendukung sebagai agen pekerjaan dan penyesuaian yang telah dilakukan manusia hingga saat ini. Ini membebaskan manusia dari pekerjaan dan tugas sehari-hari yang tidak praktis yang tidak terlalu mereka kuasai, dan melalui penciptaan nilai baru, memungkinkan penyediaan hanya produk dan layanan yang dibutuhkan kepada orang yang membutuhkannya pada saat dibutuhkan, sehingga mengoptimalkan seluruh sistem sosial dan organisasi.

 

Society 5.0 Solusi Agar Tidak Dikendalikan Robot

Ini adalah masyarakat yang berpusat pada setiap orang dan bukan masa depan yang dikendalikan dan dipantau oleh AI dan robot.

Jepang bertujuan untuk menjadi negara pertama di dunia yang mencapai masyarakat yang berpusat pada manusia (Masyarakat 5.0) di mana setiap orang dapat menikmati kualitas hidup yang tinggi dan penuh semangat. Maksudnya, untuk mencapai ini dengan menggabungkan teknologi canggih di berbagai industri dan kegiatan sosial dan mendorong inovasi untuk menciptakan nilai baru.

 

Sumber:

https://www8.cao.go.jp/cstp/english/society5_0/index.html

 

Society 5.0 dan Jepang

Terdapat lima tema utama: (1) mobilitas generasi mendatang/kota pintar, (2) publik cerdas layanan, (3) infrastruktur generasi mendatang, (4) FinTech (teknologi keuangan)/masyarakat tanpa uang tunai, dan (5) layanan kesehatan generasi mendatang.

 

Dalam struktur ini, visi dan strategi untuk menerapkan teknologi digital dibahas, demikian pula tantangan terkait sumber daya manusia, reformasi regulasi, data terbuka, dan keamanan siber. Dewan juga telah mulai membahas perlunya undang-undang untuk mengatur pasar data digital. Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakanbahwa dia ingin 'G20 Osaka dikenang sebagai pertemuan puncak yang memulai tata kelola data di seluruh dunia'.

 

Peran Penting Artificial Intelligence Dalam Society 5.0

Strategi Teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence Technology) Jepang adalah pilar utama Masyarakat 5.0. Ini mencirikan AI sebagai layanan dan meramalkan tiga fase untuk pengembangan dan penggunaan AI: (1) memperluas penggunaan AI berbasis data di setiap domain layanan, (2) penggunaan umum AI dan data di seluruh layanan, dan (3) pembentukan ekosistem melalui penggabungan kompleks dari layanan ini. Strategi Teknologi Kecerdasan Buatan menerapkan kerangka kerja ini pada tiga bidang prioritas Masyarakat 5.0, yaitu kesehatan, mobilitas, dan produktivitas.

 

Sumber:

https://www.unesco.org/en/articles/japan-pushing-ahead-society-50-overcome-chronic-social-challenges

"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment