Blog | Perum Subsidi Keren | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
PMB Online STMIK Jabar 2023
STMIK JABAR
LP3I Tasikmalaya
STAI Al-Falah
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Arabic | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Friday, December 2, 2022

COBIT 2019 Framework Lengkap

Tulisan tentang COBIT 2019 ini diambil dari sumber utama karya Zhang Xiaolu, ISACA. Akan tetapi, dilengkapi dengan berbagai sumber. Topik audit menggunakan COBIT ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dipelajari karena saya pernah mengikuti webinar COBIT dari ITB belakangan ini. Hal ini menunjukkan bahwa COBIT masih mendapatkan perhatian dari dosen universitas negeri, tidak khawatir kurang up-to-date dan kurang kredibel.

Bagian 1. Pengantar COBIT 2019

1. Apa itu COBIT?

COBIT adalah framework untuk tata kelola dan manajemen informasi dan teknologi, yang ditujukan untuk seluruh perusahaan. I&T Perusahaan berarti semua teknologi dan pemrosesan informasi yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuannya, terlepas dari di mana hal ini terjadi di perusahaan. 

Kerangka kerja COBIT membuat perbedaan yang jelas antara tata kelola (governance) dan manajemen (government). Kedua disiplin ini meliputi kegiatan yang berbeda, memerlukan struktur organisasi yang berbeda dan melayani tujuan yang berbeda. 

Governance memastikan bahwa:
1. Kebutuhan, kondisi, dan opsi pemangku kepentingan dievaluasi untuk menentukan tujuan perusahaan yang seimbang dan disepakati.
2. Arah ditetapkan melalui penentuan prioritas dan pengambilan keputusan.
3. Kinerja dan kepatuhan dipantau terhadap arah dan tujuan yang disepakati.

Di sebagian besar perusahaan, tata kelola merupakan tanggung jawab dewan direksi, di bawah kepemimpinan ketua. Tanggung jawab tata kelola khusus dapat didelegasikan ke struktur organisasi khusus pada tingkat yang sesuai, terutama di perusahaan yang lebih besar dan kompleks.

Manajemen merencanakan, membangun, menjalankan, dan memantau kegiatan, sejalan dengan arahan yang ditetapkan oleh badan tata kelola, untuk mencapai tujuan perusahaan.

Di sebagian besar perusahaan, manajemen adalah tanggung jawab manajemen eksekutif di bawah kepemimpinan chief executive officer (CEO).

Bagian 2. Struktur Tata Kelola COBIT dan Tujuan Manajemen

Tata kelola atau yang biasa dikenal dengan istilah governance... 

Baca juga:

Sekilas Tentang e-Governance

aa

 

Bagian 3. Tujuan Tata Kelola dan Manajemen COBIT

bb


Sumber

Zhang Xiaolu. 2018. COBIT 2019 Framework: Governance and Management Objectives. ISACA.


"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment