Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Tuesday, June 30, 2015

Memasang Huruf Arab Komputer Tidak Perlu Software Tambahan untuk Game Buatanku



Jika tidak ada halangan, hari Sabtu atau Ahad, software gratis belajar bahasa Arab untuk anak-anak (pemula) insyaAllah sudah bisa didownload gratis di blog ini. Kapasitasnya diperkirakan antara 5 sampai 10 MB.

Dengan kapasitas di atas, diharapkan software belajar bahasa Arab ini dapat di-download dengan koneksi internet yang lambat dan tidak terlalu memboroskan pulsa (bagi yang menggunakan kartu).


Software ini bisa digunakan untuk anak-anak kita, adik, anak tetangga atau murid-murid kita. Bahkan siapa saja (walaupun sudah dewasa) boleh mencobanya karena saya juga sering belajar bahasa Inggris menggunakan buku-buku bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar (SD).

Software ini cenderung ke bentuk latihan (game sederhana). Adapun materinya bisa dicari di blog ini. Awalnya, saya ingin memasukkan materi pelajarannya ke software tersebut, tapi kapasitasnya jadi membengkak besar. Saya khawatir tidak bisa didownload menggunakan koneksi internet yang lambat.

Topik yang disajikan antara lain:
1. Buah-buahan
Pada game ini, kita diminta memasukkan nomor yang sesuai antara gambar buah dan 7 nama buah dalam bahasa Arab.

2. Tentang Sekolah
Pada game ini, kita diminta menuliskan bahasa Arabnya dari gambar alat tulis sekolah yang ada. Jadi, komputernya harus sudah dipasang Arabic.

3. Menghitung Cepat
Pada game ini, kita akan diminta menghitung jumlah burung pada suatu gambar, kemudian menuliskan jumlahnya dalam bahasa arab, misal: wahidun, itsnaani, dst.

4. Mengingat Cepat
Pada game ini, kita diberikan 7 nama burung dalam bahasa Arab. Kemudian, kita harus mengingatnya dalam waktu yang telah ditentukan, misal: 100 detik. Kemudian menuliskannya lagi di kotak kosong. Latihan ini diharapkan dapat merangsang otak kita agar semakin tertantang dengan bahasa Arab.

Game lainnya ada kemungkinan menuntut kita mengetik bahasa Arab, mungkin juga hanya mengklik kotak yang tersedia, atau mengetik dalam huruf Latin.

Bagi yang komputernya belum bisa mengetik Arabic, teman-teman bisa menginstalnya dari CD atau software Windows yang digunakan ketika menginstal Windows (tidak perlu ada software Arabic tambahan).

Caranya:
1. Masukkan CD Windows 7 (atau Windows lain)
2. Klik Start
3. Klik Control Panel
4. Klik Region and Language
5. Klik Keyboard and Languages
6. Klik Install
7. Klik Complex Script
8. Tunggu sampai komputer selesai membaca CD
9. Instal Arabic sudah selesai, kemudian klik Change Keyboard
10. Klik Add
11. Klik tanda Plus (+) di tulisan Arabic
12. Klik tanda Plus (+) di tulisan Arabic
13. OK
14. Agar ada pilihan huruf Latin, Add juga English-nya
15. Sekarang pilihan bahasa sudah ada di sudut kanan bawah (En dan Ar). Kalau ingin memasukkan bahasa lain, seperti Jepang dan Mandarin bisa lain waktu saja.
16. Masuk ke game buatan www.katabah.com, dan mainkan…..! J
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment