Blog | Beli Rumah | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Audit Sistem Informasi
Sistem Informasi (S1)
Manajemen Informatika
Komputer dan Pendidikan
Pengobatan Ruqyah
Daftar Isi | Skripsi SI | B. Arab | Sertifikat Komputer Internasional | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Wednesday, June 29, 2016

Menanam Bunga Mawar (Ros) Mulai Tumbuh Tunas



Hello Katabah!
Abah menanam tanaman hias berjenis bunga mawar (ros) pada tanggal 7 Juni 2016 dengan metode stek. Apa itu stek? Stek adalah memotong cabang atau ranting bunga mawar, kemudian ditancapkan langsung pada tanah pot.


Bagaimana pertumbuhannya sampai hari ini (24 Juni 2016)?
Memang melihat pertumbuhan tanaman dengan metode stek itu relatif harus lebih sabar daripada melihat kangkung darat yang ditanam menggunakan biji.

Biji kangkung itu lebih cepat terlihat pertumbuhannya, mulai dari biji yang pecah-pecah, tumbuh akar, tumbuh tunas, terus berkecambah hingga 2 cm di atas permukaan tanah. Setelah itu, tangkai dan daun kangkung lebih jelas terlihat lagi.

Sedangkan bunga ros yang ditanam menggunakan metode stek hampir sulit terlihat perubahan pertumbuhannya. Mulai ditanam, daunnya Abah biarkan tidak dilepas.

Setelah beberapa hari (hampir seminggu), ada yang daunnya tetap utuh, tapi tetap segar. Sebagian lagi, hampir semua daun terus layu, mengering hingga rontok berjatuhan ke tanah. Namun, tangkai tetap berwarna hijau dan tampak segar (tidak kering seperti tangkai mati).

Jadi, walaupun semua daun rontok, Abah tetap menyiramnya karena yakin bunga mawar tersebut akan segera tumbuh akarnya.

Yang menggembirakan adalah ada bunga ros yang hanya sedikit daun yang rontok. Pada tanggal 24 Juni 2016 ini, bunga ros tersebut sudah bertunas lebih dari 1 cm.

Dengan melihat tumbuhnya tunas, Abah memperkirakan bunga ros stek akan tumbuh tunas ketika menginjak usia sekitar 1 bulan sejak masa tanam.

Oh iya, ada sedikit hipotesis bahwa stek bunga ros yang diameternya lebih besar tampak daun-daunnya tidak banyak yang rontok. Jadi, jika ingin menanam bunga ros (mawar) dengan stek sebaiknya menggunakan cabang/dahan yang agak besarnya saja, bukan ranting yang kecil-kecilnya agar pertumbuhan awalnya lebih stabil dan cepat bertunas.

Hipotesis di atas memang perlu dilakukan percobaan lebih banyak lagi untuk membuahkan kesimpulan. Namun, yang terjadi di pot-pot bunga mawar milik Abah memang demikian, stek cabang yang besar tampak lebih bagus.
"Investasi Emas dan Reksadana, Untung Mana?."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)