Ekspresi | Belajar HTML dan PHP | Sunda | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Kemahasiswaan Kilas Santai
PMB Online STMIK Jabar 2021
STMIK JABAR
LP3I Tasikmalaya
STAI Al-Falah
Pengobatan Ruqyah
Belajar Pemrograman PHP, MySQL, Framework CI, Domain, Hosting, CMS Wordpress, Framework Laravel. Yang Penting ada menu DAFTAR ISI
Inkubator | Daftar Isi | Bisnis Bitcoin | Tools Penting | PrivacyPolicy | Inggris Arab

Wednesday, August 11, 2021

Pertanyaan Sering Dalam Sidang Skripsi Sistem Informasi

Setelah berjuang melakukan bimbingan skripsi sekitar 10 kali lebih, kita harus persiapan sidang. Walaupun setiap penguji suka berbeda-beda pertanyaan tapi biasanya ada kesamaan. Berikut ini yang saya tahu suka diajukan dalam sidang skripsi prodi Sistem Informasi:

1. Apa masalah yang membuat Anda mengambil judul skripsi ini?

Jawabannya jangan kemana-mana. Harus sesuai dengan subbab Latar Belakang Masalah dan Identifikasi Masalah Bab 1. Tidak sedikit mahasiswa yang kesulitan mengungkapkan masalah dari Latar Belakang Masalah karena terasa terlalu panjang plus gugup, maka lihat Identifikasi Masalah karena poin-poin pada Identifikasi Masalah itu deskripsi panjang lebarnya ada di Latar Belakang Masalah. Jangan menjawab masalah yang tidak ditulis di skripsi karena penguji akan bertanya: "Apakah ada di skripsi ini? Halaman berapa?" hihi

2. Apakah Kesimpulan sesuai dengan Rumusan Masalah?

Rumusan Masalah itu harus nyambung dengan Identifikasi Masalah, Tujuan Masalah, Bab 4 Pembahasan, dan Kesimpulan. Karena Pembahasan itu panjang sekali, maka pengujui biasanya bertanya kesesuaian antara Rumusan, Tujuan, dan Kesimpulan.

Kalau Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian sebenarnya sangat sederhana. Intinya sama tapi bentuk kalimatnya berbeda. Rumusan Masalah berbentuk kalimat tanya sedangkan Tujuan Penelitian bukan kalimat tanya. Walaupun tidak selalu kaku, agar lebih mudah, jika Rumusan Masalah ada dua nomor/poin, maka Tujuan Penelitian juga dua poin.

Bagaimana kesesuaian Rumusan Masalah dengan Kesimpulan?

Sama juga dengan Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian, hanya kesimpulan biasanya lebih panjang deskripsinya. Jadi, jika Rumusan Masalah ada tiga poin, maka kesimpulan juga harus memuat tiga poin walaupun deskripsinya lebih panjang-panjang.

Ada sebagian mahasiswa yang  menyimpulkan dari Bab 3 Metodologi Penelitian, misal kalimatnya seperti ini (Di Bab Terkahir, Kesimpulan yaa..): "Penelitian ini menggunakan metode anu." Nah, saya secara pribadi tidak setuju karena itu bukan kesimpulan tapi masuk di Bab Metodologi. Kesimpulan itu cenderung mengarah ke Bab 1 dan Bab 4 Pembahasan.

3. Apakah referensi di Bab 2 ada di Daftar Pustaka?

Ini jarang ditanya, tapi kadang ada juga. Kadang mahasiswa lupa mengetikkan referensi di Daftar Pustaka. Ini buahaya...heheh Lebih amannya menggunakan Daftar Pustaka otomatis seperti APA di Microsoft Word.

4. Apakah aplikasi yang Anda buat yakin bisa jadi solusi untuk objek penelitian?

Nah, ini jawab lantang dan tenang ya...

Memang salah satu masalahnya seperti ini: Kita membuat web tapi penggunanya seorang. ahahah Kalau seorang, sudah saja pakai aplikasi berbasis dekstop, kata penguji.

Kalau kita hanya menguasai bahasa pemrograman web, saya sendiri berusaha menyediakan jawaban untuk pertanyaan penguji seperti di atas antara lain: kalau usernya hanya satu orang, jangan membuat judul yang memuat keyword: berbasis web, menggunakan PHP, aplikasi online. Akan tetapi, keyword penggunaan PHP cukup di Batasan Masalah saja.

Jadi contoh redaksi kalimatnya seperti ini: "Saya membuat aplikasi ini untuk stand alone dan PHP itu bukan hanya untuk aplikasi online tapi bisa digunakan menggunakan LAN dua komputer, bahkan sendirian. Jika aplikasi satu user menggunakan PHP, maka akan lebih mudadh pengembangan ke depannya apabila ingin digunakan berbasis LAN atau online."

Itulah kira-kira jawabannya.heheh

5. Coba jelaskan Use Case Diagram? Activity Diagram? Sequence Diagram?

Jika penjelasan presentasi kita kurang lancar (atau pembuatan diagramnya terasa salah atau kurang difahami), kadang ada penguji yang minta menjelaskan salah satu diagaram di atas. Tapi sebagian penguji suka skip jika penjelasan mahasiswa dari awal bagus.

6. Jalankan aplikasinya!

Ini yang membuat sebagian mahasiswa degdegan.ahaha

Tapi... yang sering ditanyakan itu sederhana, misal:

a. Coba lakukan entri data di form anu sampai tersimpan ke database.

b. Buka database-nya! Tersimpan di mana data yang barusan Anda entri?

Sampai di situ, sidang skripsi ada yang sudah selesai.heheh

Ada juga pertanyaannya seperti ini:

Coba buka form anu! 

Masukkan huruf di kotak uang (misalnya, membuuat kotak gaji)

Nah.... yang terjadi di lapangan... taralala...

a. Ada yang bisa mengetik huruf di kotak gaji. Jika begini, seharunya muncul error saat mengklik tombol simpan

b. Ada juga yang keyboardnya tidak berfungsi karena validasi (ini bagus)

c. Ada juga saat ngetik huruf di gaji muncul pesan "hanya angka saja" (ini bagus)


Nah, itulah yang sering ditanyakan saat sidang. Walaupun demikian, persiapan menguasai semua isi skripsi itu harus karena situasi di lapangan saat sidang sangat kondisional. Namun, gak perlu tegang berlebihan, santai saja kan kita yang melakukan penelitiannya ya...heheh


"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Belajar Bahasa Inggris dan Arab di Telegram dan FB Gratis!
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment