Ekspresi | Kampus | Belajar HTML dan PHP | Kontak | Gmail | Uang Adsense
Kemahasiswaan Kilas Santai
PMB Online STMIK Jabar 2022
STMIK JABAR
LP3I Tasikmalaya
STAI Al-Falah
Pengobatan Ruqyah
Belajar Pemrograman PHP, MySQL, Framework CI, Domain, Hosting, CMS Wordpress, Framework Laravel. Yang Penting ada menu DAFTAR ISI
Daftar Isi | Skripsi | B. Arab | Ruqyah | PrivacyPolicy | Inggris Arab | Google Translate

Friday, April 15, 2022

Cara Menentukan Judul Skripsi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak menentukan judul skripsi, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal terkait kemampuan kita, sedangkan eksternal merujuk pada pembimbing dan objek penelitian.

Tentu saja, sehebat apapun pembimbing, tetap mahasiswa yang harus inisiatif mengajukan tema/judul skripsi agar tidak kesulitan di kemudian hari, kecuali pembimbing lebih duluan menawarkan, lain cerita.

Bagi saya, menentukkan judul skripsi itu harus tergambar ending-nya kira-kira akan seperti apa. Tentu saja, di awal kita harus tahu masalah apa yang terjadi di objek penelitian sehingga bisa kita bahas nanti.

Masalah apa?

Tidak jarang dosen pembimbing rajin menolak usulan judul kita karena gak jelas apa masalahnya. Masalah itu jangan dibuat-buat tapi real di lapangan terjadi, misal banjir, sampah menumpuk, dan sejenisnya. Mau dibagaimanakan juga, tetap pembimbing akan menyadari bahwa itu adalah masalah.

Yang penting lagi, sesuatu yang kita anggap masalah itu segera tuliskan, bukan hanya terus cerita. Satu kata, satu kalimat, satu point, tidak masalah, tapi tetap harus dituliskan/diketikkan. Sampai di sini, kita sudah harus memiliki contoh skripsi orang lain agar kita lebih pede dengan masalah yang akan kita bahas dengan melihat masalah yang dibahas di skripsi orang lain.

Ending-nya seperti apa?

Misal, masalnya banjir. Saya akan membuat web tentang antisipasi banjir, maka saya harus mulai membayangkan kira-kira kota isian apa saja sih yang harus ada? Memang halaman lengkapnya nanti bisa dirancang pada saat menyusun bab 4, tapi fitur utama yang akan kita buat di Bab 4, saya sendiri sudah memikirkan saat memikirkan judul dan ini bukan hanya dilamun tapi melihat-lihat skripsi orang lain tentang web banjir.

Dengan kekuatan di atas: tahu masalah dan tahu ending pada saat akan mengajukan judul, saya lebih mudah memulai bimbingan dengan dosen. Jika dosen menolak judul saya, maka saya curhat bahwa saya akan membuat aplikasi seperti ini ini ini, barangkali saja judulnya tidak menarik bagi dosen tapi isinya sebenarnya menarik.

Jika ada mahasiswa mengatakan judul sudah ada tapi enggak tahu nanti akan membahas apa, ini sangat lemah dan riskan untuk terus-terusan tidak mendapatkan acc dosen apalagi bila pembimbingnya punya idealisme tinggi dan jaga jarak dengan mahasiswa. :)


"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."
Youtube: Katabah Com: Menuju 1 jt Konten :)

No comments:

Post a Comment